Beranda

Live Streaming

Program tvOne

Jadwal

Indeks

Karier

Tentang Kami

Anda & Pemilu

Kamis, 24 April 2014


Kabar IPTEK

Ayo Kuliah, UI Gratiskan Uang Pangkal Mahasiswa S1 Reguler!

Sabtu, 2 Februari 2013 08:44 WIB

UI

Depok, (tvOne).

Kabar baik datang dari salah satu Universitas Negeri terutama bagi keluarga kurang mampu agar dapat mengenyam pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Universitas Indonesia (UI) membebaskan uang pangkal bagi mahasiswa baru program pendidikan S1 Reguler tahun akademik 2013/2014.

Kebijakan tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen dan upaya UI dalam pemerataankesempatan bagi seluruh anak bangsa dari berbagai lapisan masyarakat untuk dapat berkuliah di UI dengan kemampuan akademik sehingga tak mengandalkan kemampuan ekonomi.

Pembebasan uang pangkal bagi mahasiswa program pendidikan S1 Reguler dimungkinkan karena kebijakan UI untuk mengalokasikan beban biaya uang pangkal dari dana BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri) yang diperoleh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Dengan adanya kebijakan tersebut, maka seluruh mahasiswa baru program pendidikan S1 Reguler tahun ajaran 2013 hanya akan dikenai Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) yang dibayar per semester dengan kisaran Rp 100.000 s.d. maksimal Rp 5.000.000 untuk jurusan IPS, atau Rp 100.000 s.d. maksimal Rp 7.500.000 untuk jurusan IPA, seperti dikutip laman Resmi Humas UI.

Besaran biaya BOP-B tersebut akan disesuaikan dengan kemampuan orang tua/wali mahasiswa sebagai penanggung biaya.

Program pendidikan S1 Reguler UI tersebut terbuka bagi lulusan SMA/sederajat tahun kelulusan 2013, 2012, dan 2011. Terdapat 56 pilihan program studi (prodi) untuk pendidikan S1 Reguler yang terdiri dari 25 prodi IPA dan 31 prodi IPS.

Calon mahasiswa dapat menempuh tiga jalur seleksi untuk masuk program pendidikan S1 Reguler, yaitu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SIMAK UI (Seleksi Masuk UI).

Salah seorang Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI Angkatan 2008 juga menuturkan bahwa terdapat banyak beasiswa bagi mahasiswa yakni beasiswa bagi Mahasiswa kurang mampu dan beasiswa berprestasi.

Ia menegaskan bahwa dirinya hanya membayar biaya BOP sebesar Rp100 ribu setiap semester hingga semester akhir. Hal tersebut didasarkan kemampuan orangtua/wali sebagai mahasiswa penanggung biaya.

"Iya, Saya hanya membayar seratus ribu rupiah per semester ditambah dana DKFM (Dana Kesejahteraan Fasilitas Mahasiswa) sebesar seratus ribu rupiah jadi saya total membayar Dua Ratus Ribu Rupiah tiap semester sampai saya lulus," Ujar Aji.

24600+at
Bookmark and Share
Komentar Kabar
Kirim Komentar